Home » » membuat playlist lagu virtual dj agar mudah di mainkan

membuat playlist lagu virtual dj agar mudah di mainkan

Membuat playlist lagu di virtualDJ: Apa itu playlist? Secara singkat playlist adalah daftar lagu-lagu yang akan kita putar secara berurutan. dari nomer 1, 2 ,3 ,4 ,5 dan seterusnya. Tujuannya adalah supaya kita lebih mudah menemukan atau mengatur pemutaran lagu. Contoh gampangnya para VJ / Dj radio. Mereka selalu menyiapkan playlist.

Saat ngedj memakai cdj tool ( cdj 400, 800, 1000 mk) atau memakai virtual dj seorang dj ada yang membuat playlist sebelum tampil, ada juga yg tidak. Dan yang tidak membuat playlist ini biasanya sudah hafal dengan lagu-lagu koleksinya. Tapi jika kita akan membuat mixtape sangat disarankan untuk membuat playlist sebelumnya.

Sebenarnya penting gak sih membuat playlist/daftar lagu??
Penting gak penting tergantung kitanya bro..kalo lo hafal dengan lagu-lagu buat djing yang lagi hits atau hafal tempat naruh lagu di hardisk, atau cd tidak mambuat playlist juga tidak masalah. Kalo kita main pake alat cdj 1000 pioneer atau lainnya yg menggunakan cd kan gampang. Tinggal lihat judulnya yg sedikit..terus kita atur deh dirumah sebelum tampil..

Nah kalo pake vdj meskipun dah ada menu search, kan gak mungin kita hafal semua lagu-lagu buat djing koleksi kita? itulah makanya kita perlu membuat playlist lalu kita simpan. Lalu cara membuat playlist di virtual dj gimana bro?? gampang kok. Begini:

Lo kan tahu, di sebelah kiri kalau kita click menu search/ files browser ( di skin dn 3500 suggestion internal mixer). klik aja folder dimana lo menyimpan lagu..lagu-lagu pasti muncul kan di bagian tengah..?

Selanjutnya tinggal Drug pake mouse, letakkan di playlist menu sebelah kanan. Tapi dengarkan dulu sebelumnya dengan cara click kanan pada lagu yang kita pilih, akan muncul menu preview kemudian click. Lagu akan terdengar melalui headphone (untuk bisa mendengarkan lagu dari headphone cara nyetingnya disini) ok, nah dari situ kan lo jadi tahu mana lagu yang enak dan yang tidak. Lagu yang nge-beat dan yang biasa.

Selanjutnya jika sudah ketemu lagu-lagu yang menurut lo enak, click tahan- dan lepaskan di area playlist pada virtual dj. lihat gambar dibawah kalo bingung..he.he

Playlist aplikasi virtualdj

apabila lagu-lagu yang terpilih sudah terkumpul banyak, selanjutnya untuk memudahkan kita dalam memutar kembali CLICK tanda + seperti pada gambar yang ane lingkari biru, kemudian click SAVE. isi kolom yang tersedia misal nama playlistnya (lagu top pilihan), terserah lo..

terus kalo gw pengen munculin lagu playlistnya misalnya besok mo gw putar lagi, gimana??
Mudah saja bro.. lo tinggal click aja menu files browses - sebelah kiri (skin dn-3500 suggestion internal mixer, untuk link download silahkan search di box google diatas: mengarah ke article skin ) kemudian lihat menu kebawah..pasti lo akan nemuin menu playlist. Tinggal klik aja nama playlistnya..Secara otomatis lagu-lagu akan muncul di playlist..selamat mencoba membuat playlist lagu di virtualDJ.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.42

1 comments:

  1. makasih ya bro sangat bermanfaat bagi gue yg baru belajar

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.